Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Pada Teori Proposal Skripsi Akuntansi tentang Pengaruh Modal Kerja terhadap Kinerja ini akan dibahas pengertian Modal Kerja dari beberapa versi. Diantaranya teori menurut Riyanto, Djarwanto, Munawir, Barlian dan lain-lain. Yang akan dibahas dibawah ini beberapa dari mereka .

Pengertian modal kerja atau working capital dalam Proposal Skripsi Akuntansi menurut Djarwanto adalah “berhubungan dengan keseluruhan dana yang digunakan selama periode akuntansi tertentu yang dimaksudkan untuk menghasilkan pendapat untuk periode akuntansi yang bersangkutan”. Menurut Sundjaja dan Barlian modal kerja adalah “kas/bank, surat-surat berharga yang mudah diuangkan (seperti cek, deposito, dan giro), piutang dagang dan persediaan yang tingkat perputarannya tidak melebihi satu tahun atau jangka waktu operasi normal perusahaan”. Sedangkan menurut Munawir (2004: 115) modal kerja adalah “kelebihan nilai aktiva yang dimiliki perusahaan terhadap seluruh hutang-hutangnya”.

Lain halnya dengan Riyanto, menurut Riyanto mengenai pengertian modal kerja dapat dikemukakan adanya beberapa konsep, yaitu pertama Konsep Kuantitatif, kedua Konsep Kualitatif dan ketiga Konsep Fungsional. Konsep pertama, konsep Kuantitatif, yaitu Konsep ini mendasarkan pada kuantitas dari dana yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan perusahaan dalam membiayai operasinya yang bersifat rutin, atau menunjukkan jumlah dana (fund) yang tersedia untuk tujuan operasi jangka pendek. Dengan demikian, modal kerja menurut konsep ini adalah keseluruhan dari jumlah aktiva lancar. Modal kerja dalam pengertian ini sering disebut modal kerja bruto (gross working capital).

Konsep kedua kualitatif , modal kerja menurut konsep ini adalah sebagian dari aktiva lancar yang benar-benar dapat digunakan untuk membiayai operasi perusahaan tanpa mengganggu likuiditasnya yaitu yang merupakan kelebihan aktiva lancar diatas hutanag lancar. Ketiga Konsep Fungsional, modal kerja menurut konsep ini adalah dana yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan pada saat ini sesuai dengan maksud utama didirikannya perusahaan tersebut. Demikian tadi uraian mengenai Teori modal kerja dari beberapa pakar yang terdapat dalam Proposal Skripsi Akuntansi.

 

 

 

Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!