Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Jual Skripsi Ekonomi ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL. Dibawah ini adalah perumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup penelitian dan lokasi penelitian yang ada dalam skripsi ini. Dapat digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi

Perumusan Masalah
Sejalan dengan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana pengaruh umur terhadap pendapatan usaha pekerja sektor informal di Kota Rantauprapat?
  2. Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan pekerja sektor informal di Kota Rantauprapat?
  3. Bagaimana pengaruh jumlah jam bekerja terhadap pendapatan pekerja sektor informal di Kota Rantauprapat?
  4. Bagaimana pengaruh modal operasi terhadap pendapatan pekerja pada sektor informal di Kota Rantauprapat?

Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini, antara lain:

  1. Untuk mengetahui pengaruh umur terhadap pendapatan pekerja di sektorinformal.
  2. Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan pekerjadi sektor informal.
  3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Jumlah jam kerja terhadappendapatan pekerja di sektor informal.
  4. Untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap pendapatan pekerja disektor informal.

Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini memusatkan pembahasan mengenai faktor-faktor yangmempengaruhi pendapatan pekerja pada sektor informal dengan menggunakan variabel-variabel umur, tingkat pendidikan,jumlah jam kerja, dan modal kerja, serta membahas hal-hal yang menyangkut dengan variabel-variabel tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hipotesa dari variabel-variabel yang telah diajukan terhadap pendapatan pekerja sektor informal di Kota Rantauprapat.

Lokasi Penelitian
Sebagaimana yang telah dikemukakan diatas, penelitian ini akan dilakukan di Kota Rantauprapat yang secara administratif berada di wilayah Medan Sumatera Utara. Lokasi tersebut sengaja dipilih karena Penulis melihat banyaknya para pekerja yang bekerja di sektor informal di Rantauprapat, kemudian pada tahap selanjutnya Penulis ingin melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan mereka di sektor informal.

Jenis dan Sumber Data
Data primer yang dikumpulkan melalui pembuatan kuisioner dan wawancara langsung adalah data ekonomi masyarakat di Kota Rantauprapat. Jumlah responden adalah 100. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling.

Responden yang diamati dalam penelitian ini adalah: Masyarakat Kota rantauprapat yang bekerja disektor informal berdasarkan kelompok pedagang yangterdiri dari warung, rumah makan, kios, toko,serta penjual di kaki lima seperti penjual kue, penjual buah, penjual sayur, penjual ikan, penjual bunga dan sebagainya. Kelompok Jasa terdiri dari rental komputer, tukang pangkas, tukang reparasi elektronik, bengkel motor dan mobil, fotocopy dan rumah kost, untuk kelompok angkutan terdiri dari angkutan kota (angkot), dan becak.

Semua objek penelitian yang telah disebutkan diatas mengikuti metode pengumpulan data yang dilakukan oleh Iryanti (2000). Sementara data sekunder yang dikumpulkan mencakup data ekonomi masyarakat, data kondisi lingkungan/perekonomian serta data yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, khususnya selama 7 tahun terakhir.

Bagi anda yang tertarik dengan topik ini, sangat perlu untuk mengetahui perumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup penelitian dan lokasi penelitian yang ada dalam Skripsi Ekonomi ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL ini. Semoga dapat menambah referensi skripsi anda.


Artikel lainnya:

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!