Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Ekonomi ANALISIS PERAN KOPERASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BERKAH MADANI DALAM PENGEMBANGAN UMK . Berikut ini adalah perumusan masalah, tujuan penelitian , ruang lingkup penelitian, jenis dan sumber data dan informasi penting lainnya yang patut para mahasisea ketahui tentang skripsi ini

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka penulis menarik rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Adakah perbedaan omset nasabah BMT Berkah Madani setelah dan sebelum mendapatkan pembiayaan ?
  2. Bagaimana peran BMT Berkah Madani dari aspek keuangan dan non keuangan terhadap UMK?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang penelitian dan rumusan masalah, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan:

  1. Menganalisa omset nasabah BMT sebelum dan sesudah mendapat pembiayaan.
  2. Menganalisa peran BMT dari aspek keuangan dan non terhadap UMK.

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian ini menganalisis peran koperasi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Berkah Madani dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Jakarta. Dalam penelitian ini UMK yang diteliti adalah yang menjadi anggota atau nasabah di Koperasi BMT Berkah Madani di kota Jakarta.

Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

  1. Data Primer. Data primer merupakan data yang didapat dari sumber pertama baik individu maupun kelompok, yaitu kuisioner yang diberikan kepada nasabah BMT Berkah Madani di Kota Jakarta pada waktu saat ini ( tahun 2011) dengan jumlah responden sebanyak 50. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk cross section yang merupakan data primer.
  2. Data sekunder adalah data primer yang diolah lebih lanjut, yaitu dokumen perusahaan seperti sejarah BMT Berkah Madani, laporan tahunan, jumlah anggota dan dokumen lain – lain yang berhubungan dengan penelitian di BMT Berkah Madani Kota Jakarta.

Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini untuk data primer adalah dengan :

  1. Kuisioner adalah suatu cara pengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden yaitu anggota BMT Berkah Madani di Kota Jakarta.
  2. Wawancara atau mengadakan tanya jawab dengan pimpinan dan anggota BMT Berkah Madani dan nasabah nya yaitu UMK. Adapun hal – hal yang ditanyakan penulis adalah segala sesuatu hal yang berkaitan dengan peran BMT Berkah Madani dalam pengembangan UMK.
  3. Observasi yaitu dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti, dalam hal ini nasabah BMT Berkah Madani di Kota Jakarta. Teknik pengumpulan data untuk data sekunder dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi atau bahan tertulis yang didapat dari berbagai sumber seperti data BPS, laporan keuangan BMT Berkah Madani, internet dan lain – lainnya.

Metode pemilihan Sampel
Roscoe dan Sugiyono (Metode Penelitian Pendidikan, 2004) memberikan saran – saran tentang ukuran sampel untuk penelitian seperti berikut ini :

  1. Ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah antara 30 sampai dengan 500.
  2. Bila sampel dibagi dalam kategori (misalnya : pria-wanita, pegawai negeri-swasta dan lain – lain) maka jumlah anggota sampel setiap kategori minimal 30.
  3. Bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariate (korelasi atau regresi ganda misalnya), maka jumlah anggota sample minimal 10 kali dari jumlah variable. Dalam hal ini pemakaian sample penelitian digunakan sebanyak 50 sampel dikarenakan ukuran yang layak adalah 30 – 500 sampel. dengan menggunakan sample random sampling yang artinya cara penarikan sample anggota dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada.

Metode pengumpulan data untuk variabel di atas menggunakan self administrated survey, yaitu responden diminta untuk mengisi sendiri kuisioner yang diberikan.

Metode Analisis Data
Dalam penelitian ini, penulis melakukan pengolahan data dengan dua cara, yaitu :

  1. Untuk menguji hipotesis yang pertama mengunakan program komputer SPSS 17 dengan terlebih dahulu melakukan pemindahan data yang diperoleh ke dalam software Microsoft Excel.
  2. Untuk menganalisis perumusan masalah yang kedua penulis menggunakan cara tabulasi data dengan Microsoft Word.

Berikut ini adalah perumusan masalah, tujuan penelitian , ruang lingkup penelitian, jenis dan sumber data dan informasi penting lainnya yang patut para mahasiswa ketahui tentang Skripsi Ekonomi ANALISIS PERAN KOPERASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BERKAH MADANI DALAM PENGEMBANGAN UMK ini , semoga bermanfaat.

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!