Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Ekonomi ANALISIS KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH . Berikut adalah beberapa topik yang penting diketahui oleh para mahasiswa seperti rumusan masalah, tujuan penelitian , ruang lingkup penelitian dan lain sebagainya mengenai skripsi ini.

Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, penulis mengajukan rumusan masalah yang menjadi acuan dalam mengkaji penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana tingkat Derajat Desentralisasi Fiskal di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara
  2. Bagaimana tingkat Rasio Kemandirian Keuangan Daerah di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara
  3. Bagaimana peta kemampuan keuangan daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara

Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah di atas, maka tujuandari penelitian ini, yaitu:

  1. Mengetahui dan menganalisis tingkat Derajat Desentralisasi Fiskal diKabupaten/Kota di Sumatera Utara
  2. Mengetahui dan menganalisis tingkat Rasio Kemandirian KeuanganDaerah di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara
  3. Mengetahui dan menganalisis perkembangan peta kemampuankeuangan daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian ini dititik beratkan pada pembahasan mengenai:

  1. Derajat Desentralisasi Fiskal di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara
  2. Rasio Kemandirian Keuangan Daerah di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara
  3. Peta kemampuan keuangan daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara

Penelitian ini mengambil studi wilayah pada tingkat daerah kabupaten/ kota di Sumatera Utara. Untuk keperluan analisis jumlah kabupaten/ kota tidak akan mengikuti jumlah kabupaten/ kota di Sumatera Utara yang ada yaitu sebanyak 33 kabupaten/ kota, melainkan akan menggunakan kabupaten/ kota sebelum tahun 2008 yaitu sebanyak 25 kabupaten/ kota dengan memasukkan kabupaten/ kota baru pada kabupaten/ kota lamanya.

Hal ini dilakukan karena keterbatasan data pada kabupaten/ kota baru. Dengan demikian, unit daerah yang diamati meliputi:

(1) Kabupaten Nias; (2) Mandailing Natal; (3) Tapanuli Selatan; (4) Tapanuli Tengah; (5) Tapanuli Utara; (6) Toba Samosir; (7) Labuhan Batu; (8) Asahan; (9) Simalungun; (10) Dairi; (11) Karo; (12) Deli Serdang; (13) Langkat; (14) Nias Selatan; (15) Humbang Hasundutan; (16) Pakpak Barat; (17) Samosir; (18)Serdang Bedagai; (19) Sibolga; (20) Tanjung Balai; (21) Pematangsiantar; (22) Tebing Tinggi; (23) Medan; (24) Binjai; dan (25) Padangsidempuan.

Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder yang bersifat kuantitatif (dalam bentuk angka-angka). Berdasarkan waktu pengumpulannya, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel, yakni gabungan dari data time series dan data cross section (25 Kabupaten /Kota di Sumatera Utara).

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini secara umum merupakan data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara serta bahan-bahan kepustakaan berupa bacaan yang berhubungan dengan penelitian, website, artikel dan jurnal-jurnal.

Pengolahan Data
Data diolah dengan menggunakan program Microsoft Excel 2007, dan juga menggunakan aplikasi Microsoft Word 2007 dalam penulisan penelitian ini.

Analisis Data
Metode analisis data yang dilakukan adalah metode analisis deskriftif kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan daerah di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dapat digunakan derajat desentralisasi fiskal antara pemerintah pusat dan daerah dan derajat kemandirian daerah.

Derajat desentralisasi fiskal dan derajat kemandirian daerah digunakan untuk mengukur seberapa jauh penerimaan yang berasal dari daerah dalam memenuhi kebutuhan daerah. (Musgrave, 1991).

Demikian tadi adalah beberapa topik yang penting diketahui oleh para mahasiswa seperti rumusan masalah, tujuan penelitian , ruang lingkup penelitian dan lain sebagainya mengenai Skripsi Ekonomi ANALISIS KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH ini.


Artikel lainnya:

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!