Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Ekonomi ANALISIS FAKTOR SUKU BUNGA DEPOSITO DAN NILAI KURS TERHADAP PERMINTAAN SURAT UTANG NEGARA OLEH INVESTOR ASING . Berikut ini adalah perumusan masalah, tujuan penelitian dan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, silahkan dsimak

Perumusan Masalah
Dari uraian di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana perubahan suku bunga deposito dan nilai kurs rupiah/dollar terhadap permintaan SUN oleh investor asing?
  2. Apakah terdapat pengaruh suku bunga deposito dan nilai kurs rupiah terhadap permintaan SUN oleh investor asing?

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh tingkat suku bunga deposito dan nilai kurs terhadap permintaan Surat Utang Negara oleh investor asing.

Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena.

Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan dengan menggunakan data dari Bank Indonesia cabang Medan.

Batasan Operasional
Batasan operasional penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan asing terhadap SUN dengan menggunakan variabel tingkat suku bunga deposito, dan nilai kurs yaitu nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Definisi Operasional
Untuk memudahkan pemahaman terhadap istilah dari variabel yang digunakan pada penelitian ini, maka berikut ini dijelaskan batasan operasional sebagai berikut:

  1. Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga dalam bentuk surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah maupun valuta asing.
  2. Tingkat suku bunga deposito adalah tingkat keuntungan yang diperoleh pemodal investasi dalam bentuk simpanan deposito dari pihak bank umum diIndonesia dalam jangka waktu tertentu.
  3. Nilai kurs adalah harga mata uang Indonesia terhadap harga mata uang asing. Dalam penelitian ini menggunakan perbandingan nilai rupiah dengan dollar Amerika Serikat.

Skala Pengukuran Variabel
a. Surat Utang Negara (SUN) diukur dalam satuan Miliar Rupiah.
b. Suku bunga deposito diukur dalam satuan persen (%).
c. Nilai kurs diukur dalam satuan Rupiah.

Jenis Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk data berkala atau time series yang bersifat kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka- angka selama kurun waktu 3 tahun. Sumber data diperoleh dari data Bank Indonesia cabang Medan, serta bahan-bahan kepustakaan berupa bacaan yang berhubungan dengan penelitian, website, artikel, dan jurnal-jurnal.

Demikian tadi adalah perumusan masalah, tujuan penelitian dan metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi Ekonomi ANALISIS FAKTOR SUKU BUNGA DEPOSITO DAN NILAI KURS TERHADAP PERMINTAAN SURAT UTANG NEGARA OLEH INVESTOR ASING ini.

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!