Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Akuntansi Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Pada BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika). Pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat mempengaruhi perkembangan dunia usaha di negara tersebut. Apabila pertumbuhan ekonomi negara tersebut rendah, maka perusahaan-perusahaan sebagai lembaga ekonomi yang ada di negara tersebut sulit berkembang. Namun jika pertumbuhan ekonomi negara tersebut baik, maka akan memudahkan setiap perusahaan untuk berkembang.

DAlam penelitian Skripsi Akuntansi Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Pada BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika) ini dijelaskan bahwa berkembangnya suatu perusahaan mengakibatkan pertambahan aktivitas perusahaan tersebut. Untuk mempertanggungjawabkan suatu pekerjaan, dibutuhkan suatu alat atau sarana yang dapat membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Alat yang cocok untuk membantu suatu pekerjaan tersebut adalah sistem informasi akuntansi.

Sistem akuntansi tersebut disusun oleh perusahaan baik secara manual (tanpa mesin pembantu) maupun dengan menggunakan peralatan komputer. Dalam struktur organisasi perusahaan, sistem informasi akuntansi merupakan alat pencegah dalam mengurangi tingkat kecurangan, penyimpangan, pemborosan, dan memperkuat kedudukan sistem pengawasan intern perusahaan tersebut. Sistem tersebut tidak sama untuk setiap perusahaan, tergantung pada besar kecilnya perusahaan serta kebutuhannya. Karena balai besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah kantor yang mempunyai laporan keuangan yang dibutuhkan untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan menunjukkan akuntabilitas entitas atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya, maka telah sepantasnya ditinjau untuk mengetahui bagaimana laporan itu disajikan dan proses berjalannya laporan tersebut. Setiap ruangan, terdapat beberapa alat sistem akuntansi seperti komputer, jaringan internet dan agenda pencatatan untuk melakukan pekerjaan dalam pengolahan data untuk kepentingan pegawai. Alat yang lebih dominan di pakai adalah komputer dan agenda pencatatan.

Pada komputer, memudahkan untuk mengolah dan menyimpan data, merekam dan mencatat kejadian. Sedangkan agenda pencatatan untuk mencatat data-data yang dianggap penting yang berfungsi untuk membuktikan bahwa data tersebut memang benar pernah di olah di balai tersebut. Hal ini yang menyebabkan penulis memilih bidang sistem informasi akuntansi, untuk mengetahui system informasi akuntansi apa yang dipakai dalam pengolahan data pada Kantor Balai I Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan apakah sistem tersebut telah dijalankan dengan sebaik-baiknya.  Skripsi Akuntansi Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Pada BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika).


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!