Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Akuntansi Pengawasan Intern Piutang Pada PT Swadharma Indotama Finance (SIF). Peningkatan penjualan kredit atas kenderaan bermotor didukung oleh semakin banyaknya perusahaan leasing selaku perusahaan yang membiayai penjualan kredit tersebut. Salah satu perusahaan leasing yang beroperasi di Medan adalah PT Swadharma Indotama Finance (SIF) Cabang Medan.

Perusahaan membiayai berbagai jenis tipe kenderaan bermotor roda dua dan roda empat di lebih dari 10 dealer yang ada di Sumatera Utara dan Aceh. Artinya, piutang perusahaan dalam jumlah yang besar. Oleh sebab itu, pengawasan intern terhadap piutang sangat diperlukan. Fungsi pengawasan intern piutang adalah untuk meminimalkan resiko-resiko yang timbul, seperti beban piutang yang tak tertagih.

Dalam Skripsi Akuntansi Pengawasan Intern Piutang Pada PT Swadharma Indotama Finance (SIF) dijelaskan bahwa pengawasan intern akan membatu perusahaan dalam mengawasi jalannya piutang. PT Swadharma Indotama Finance (SIF) Cabang Medan memiliki kebijakan-kebijakan serta sistem dan prosedur yang diterapkan terhadap transaksi pembiayaan dan penagihan piutang. Hal ini dimaksudkan agar piutang benar-benar berasal dari konsumen yang mampu dan konsisten dalam membayar angsurannya.

Secara keseluruhan pada perusahaan sistem dan prosedur meng-input data dilakukan dengan sistem komputer yang terhubung on-line ke Kantor Pusat Jakarta. Sehingga Kantor Pusat Jakarta dapat secara langsung mengawasi kegiatan yang ada pada perusahaan. Selain itu juga memberikan keyakinan yang memadai atas data-data yang dihasilkan dan diinformasikan khususnya yang berkaitan dengan piutang. Skripsi Akuntansi Pengawasan Intern Piutang Pada PT Swadharma Indotama Finance (SIF).


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!