Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Kumpulan Skripsi Akuntansi dengan judul Pengaruh Aktivitas Investasi terhadap Kebijakan Utang pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Krisis ekonomi pada akhir tahun 1997 yang juga dialami Indonesia menyebabkan peningkatan utang akibat melemahnya nilai tukar rupiah dalam valuta asing, khususnya terhadap dollar Amerika.

Hal ini menyebabkan rasio utang dan rasio leverage dalam struktur modal juga meningkat, dan jika sudah sampai di atas struktur modal optimal, akan mengakibatkan turunnya nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh aktivitas investasi terhadap kebijakan utang yang tercermin dalam struktur modal pada perusahaan manufaktur di BEJ.

Penelitian Skripsi Akuntansi Keungan ini dilakukan terhadap 103 sampel perusahaan manufaktur di BEJ dengan menggunakan data time series dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2006. Variabel yang digunakan adalah account receivable turnover (ART), inventory turnover (ITO), fixed asset turnover (FAT) sebagai variabel independen, dan debt to asset ratio (DAR) sebagai variabel dependen.

Pengujian pengaruh variabel independen Skripsi Akuntansi terhadap variabel dependen dilakukan dengan menggunakan model persamaan regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 15.0. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ART, ITO, FAT tidak berpengaruh terhadap DAR. Dengan kata lain, aktivitas investasi tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang perusahaan manufaktur di BEJ.

Hasil Skripsi Akuntansi ini tidak sesuai dengan teori arus kas bebas (free cash flow theory) dalam struktur modal. Hasil ini juga tidak sejalan dengan hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Lithenberg dan Donald Siegel (1990), Greg Filbeck dan Raymond F. Gorman (2001) serta Wahyuningsih (2001). Ketidaksesuaian ini diduga karena dipengaruhi oleh faktor melemahnya nilai tukar rupiah dalam kurs valuta asing sebagai akibat krisis moneter yang terjadi. Demikianlah pembahasan Kumpulan Skripsi Akuntansi tentang Pengaruh Aktivitas Investasi terhadap Kebijakan Utang pada Perusahaan Manufaktur ini.


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!