Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Akuntansi Penerapan Akuntansi dan Pengawasan Piutang pada PT. Astra International, Tbk – Toyota Sales Operation. Piutang merupakan pos yang penting karena merupakan bagian aktiva lancar perusahaan yang besar jumlahnya. Masalah yang umum dihadapi perusahaan berkaitan dengan piutang adalah sering terjadinya penagihan piutang yang telah jatuh tempo tidak tertagih seluruhnya. Oleh karenanya, maka pengelolaan piutang yang terutama mencakup penerapan akuntansi atas piutang dan pengawasannya menjadi salah satu tugas yang penting bagi manajemen perusahaan.

Permasalahan dalam penelitian Skripsi Akuntansi Penerapan Akuntansi dan Pengawasan Piutang pada PT. Astra International, Tbk – Toyota Sales Operation ini adalah: Apakah kebijakan piutang yang diterapkan perusahaan dapat mendukung suatu pengawasan piutang yang memadai? Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, prosedur penjualan kredit telah cukup memadai karena bagian-bagian yang terlibat dalam proses penjualan kredit memiliki otorisasi.

Dalam Skripsi Akuntansi Penerapan Akuntansi dan Pengawasan Piutang pada PT. Astra International, Tbk – Toyota Sales Operation ini dijelaskan bahwa pengawasan piutang sudah cukup memadai, hal ini terlihat dengan adanya pemisahan fungsi dan pembagian tugas serta sistem otorisasi dalam prosedur penjualan kredit. Pengawasan pada piutang dimulai dari penerimaan pesanan penjualan, dilanjutkan dengan persetujuan atas pesanan dan permohonan kredit, pengiriman barang, pembuatan faktur, pembukuan piutang, penagihan piutang dagang maupun pengukuran terhadap piutang tidak tertagih secara tepat.

Sesuai dengan hasil penelitian Skripsi Akuntansi Penerapan Akuntansi dan Pengawasan Piutang pada PT. Astra International, Tbk – Toyota Sales Operation ini, kepada manajemen perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap penjualan kredit seiring dengan perkembangan perekonomian untuk mangantisipasi kerugian yang mungkin ditimbulkan dari piutang dagang yang tidak dapat ditagih. Perusahaan harus memperhatikan dengan baik masalah yang berkaitan dengan penaksiran yang tidak tertagih dengan penghapusan piutang dagang yang tidak dapat ditagih agar perusahaan dapat terhindar dari kemungkinan adanya kesalahan dan kecurangan di dalam penaksiran piutang dagang tidak tertagih dan penghapusan piutang tidak tertagih.


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!