Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Akuntansi pengakuan pendapatan.  Judul Skripsi Akuntansi ini adalah Penentuan Laba Pada Kontrak Kontruksi Berdasarkan Pengakuan Pendapatan dan Biaya Menurut PSAK No. 34 Pada PT. Triwira Lokajaya Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang akuntansi kontrak kontruksi pada PT. Triwira Lokajaya Medan, dalam penentuan laba berdasarkan pengakuan dan pengukuran pendapatan, biaya, dan membandingkannya dengan akuntansi kontrak kontruksi pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 34 Pengakuan pendapatan dan biaya pada perusahaan jasa kontruksi memerlukan perlakuan yang khusus. Untuk memperoleh laba yang akurat, maka pendapatan dan biaya harus ditetapkan setepat mungkin.

Dalam hal pengakuan pendapatan dan biaya ini, perusahaan kontruksi membutuhkan metode penaksiran khusus yang tidak ditemukan pada perusahaan dagang dan industri lainnya. Menurut penelitian yang dilakuakan penulis pada PT. Triwira Lokajaya Medan, perusahaan mengakui pendapatannya dengan menggunakan metode persentase penyelesaian. Penentuan pendapatan dilakukan dengan mengalikan nilai kontrak dengan tingakat persentase penyelesaian. Laba diakui pada akhir tahun setelah biaya dan pendapatan dihitung dengan menandingkan pendapatan dan biaya.

Dari hasil penelitian Skripsi Akuntansi pengakuan pendapatan ini penulis menyimpulkan penerapan PSAK No.34 pada PT. Triwira Lokajaya Medan masih memiliki beberapa kelemahan antara lain yaitu pada saat penentuan persentase penyelesaian adanya bahanbahan yang belum trpasang dan uang muka sub kontrak dimasukkan kedalam perhitungan tingkat penyelesaian. Darai hasil peelitian ini juga sebaiknya perusahaan membuat kebijakan akuntansi kontrak kontruksi dalam catatan atas laporan keuangan sebagai pedoman dalam mengakui pendapatan, biaya, dan labanya sesuai dengan PSAK No. 34.


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!