Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Akuntansi Analisis Pengakuan Pendapatan Pembiayaan Murabahah Bank Syariah. Kondisi perbankan di Indonesia saat ini menunjukkan tanda-tanda sedikit perbaikan setelah dikeluarkannya beberapa kebijakan pemerintah. Undang-undang No. 10 tahun 1998 menjadi dasar diterapkannya dua sistem perbankan di Indonesia, yaitu bank konvensional dan bank syariah, dimana PT. Bank Sumut Syariah Cabang Medan melakukan kegiatan usahanya tidak berdasarkan sistem bunga, tetapi berdasarkan prinsip bagi hasil, maka terdapat perbedaan yang cukup sidnifikan atas perlakuan akuntansi bagi kedua jenis bank tersebut terutama dalam kegiatan kredit/pembiayaan.

Dalam Skripsi Akuntansi Analisis Pengakuan Pendapatan Pembiayaan Murabahah Bank Syariah ini dijelaskan bahwa Inilah yang menjadi dasar keinginan penulis untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi dan metode pengakuan pendapatan untuk pembiayaan Murabahah yang dilakukan oleh Bank Sumut Syariah telah sesuai dengan ketentuan yang lazim sebagaimana diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 59 serta membandingkan perlakuan akuntansi yang diterapkan oleh Bank Sumut Syariah tersebut dengan bank konvensional.

Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh penulis dari Skripsi Akuntansi Analisis Pengakuan Pendapatan Pembiayaan Murabahah Bank Syariah ini adalah untuk dapat mengetahui dan memahami lebih banyak mengenai perbankan syariah khususnya dalam hal pembiayaan/kredit yang membedakan dengan bank konvensional. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa perlakuan akuntnasi dan pengakuan pendapatan yang diterapkan oleh Banl Sumut Syariah telah sesuai dengan ketentuan yang lazim sebagaimana diatur dalam PSAK No. 59. Dimana dalam pengakuan pendapatan atas pembiayaan Murbahah di Bank Sumut Syariah terdapat kecenderungan digunakannya metode cash basis dengan alasan pendapatan yang belum secara riil diterima meskipun sudah timbul hak, belum diakui sebagai pendapatan mengingat tidak seorangpun dapat memastikan apa yang akan terjadi esok hari.

Berdasarkan hasil penelitian Skripsi Akuntansi Analisis Pengakuan Pendapatan Pembiayaan Murabahah Bank Syariah ini, saran yang dapat diberikan adalah Bank Sumut Syariah diharapkan dapat mempertahankan keberadaannya dengan tetap konsisen dalam hal menerapkan perlakuan akuntansi yang sesuai dengan ketentuan yang lazim agar Bank Sumut Syariah dapat menunjukkan ciri khas produknya dari yang dimiliki bank konvensional.


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!