Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Administrasi Negara PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT ANTAM Tbk . Dibawah ini adalah pokok permasalahan, tujuan penelitian , pendekatan penelitian dan lain sebagainya yang menyangkut skripsi ini.

Pokok Permasalahan

1. Bagaimana penerapan prinsip-prinsip GCG pada program CSR PT Antam Tbk. ?
2. Apa saja hambatan implementasi penerapan GCG pada program CSR PT Antam Tbk. ?

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan jawaban atas
pertanyaan yang telah dikemukaan pada pokok permasalahan, yaitu :

  1. Untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip GCG pada program CSR.
  2. Untuk mengetahui hambatan implementasi penerapan GCG pada program CSR.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dimana penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dalam kalimat, misalnya kalimat hasil wawancara antara peneliti dan informan.

Penelitian kualitatif bertolak dari filsafat konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran pengalaman sosial yang diinterpretasikan oleh individu- individu.

Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut perspektif partisipan. Partisipan adalah orang-orang yang diajak berwawancara, diobservasi, diminta memberikan data, pendapat, pemikiran, persepsinya (Sukmadinata, 2006: 94).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu berusaha mendapatkan informasi yang selengkap mungkin mengenai pelaksanaan GCG pada program CSR PT Antam Tbk. Informasi yang digali lewat wawancara mendalam terhadap informan (internal maupun eksternal).

Teknik kualitatif dipakai sebagai pendekatan dalam penelitian ini, karena teknik ini untuk memahami realitas rasional sebagai realitas subjektif khususnya middle dan top management. Proses observasi dan wawancara mendalam bersifat sangat utama dalam pengumpulan data. Dari observasi diharapkan mampu menggali mengenai pelaksanaan GCG pada program CSR PT Antam Tbk.

Tipe Penelitian

Penelitian ini pada initinya berusaha akan menjawab bahwa penerapan prinsip-prinsip GCG di Antam yang berdasarkan KNKG yaitu Accountibility, Transparancy, Responsibility, Independency, dan fairness dalam kaitannya dengan azaz-azaz tersebut akan diuraikan implementasinya pada divisi CSR di PT Aneka Tambang Tbk.

Untuk itu, pembahasan permasalahan pokok dari skripsi ini akan diuraikan secara Deskriptif. Deskriptif dalam arti menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat karakteristik dari objek yang diteliti, dalam hal ini adalah gambaran tentang penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada satuan kerja Corporate Social Responsibilty yang ada di lingkungan PT Antam Tbk.

Sedangkan analitis berarti penulis akan menganalisis hasil dari temuan penelitian berdasarkan pengetahuan dan teori yang pernah penulis baca dan pelajari, terutama berkaitan dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka tujuan untuk diperolehnya hasil penelitian dari kasus ini sebenarnya bukan untuk dijadikan atau dibuat suatu generalisasi umum yang luas, melakukan untuk pengembangan pengetahuan yang mendalam tentang penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance terutama implementasinya pada satuan kerja Corporate Social Responsibilty pada PT Aneka Tambang Tbk

Metode Pengumpulan Data

Metode penelitian adalah cara mengumpulkan data dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data dan alat pengumpulan data. Pada dasarnya ada dua teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dari skripsi ini yaitu teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan melalui studi lapangan.

Studi kepustakaan dilakukan dengan cara mempelajari dan menelaah berbagai bahan bacaan dan sumber-sumber tertulis lainnya, seperti : buku, artikel, dan literatur lainnya, yang berkaitan dengan konsep serta teori-teori tentang corporate governance dan corporate social responsibilty.

Sedangkan studi lapangan dilakukan guna memperoleh data dan informasi yang berkenaan dengan praktek corporate governance pada satuan kerja corporate social responsibilty di dalam organisasi PT Antam Tbk.

Dalam studi lapangan, peneliti melakukan pengumpulan data melalui daftar pertanyaan kepada Direksi, Sekretaris Perusahaan, dan Staff CSR Antam. Untuk menguji kebenaran maka penulis melakukan kegiatan wawancara secara mendalam (depth interview). Format wawancara yang penulis ajukan mengacu pada azaz-azaz GCG dikaitkan dengan pelaksanaan pada satuan kerja CSR.

Demikian tadi pokok permasalahan, tujuan penelitian , pendekatan penelitian dan lain sebagainya yang menyangkut Skripsi Administrasi Negara PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT ANTAM Tbk ini, semoga bermanfaat.

 


Artikel lainnya:

Filed under: Administrasi Negara

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!