Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Administrasi Negara ANALISIS ASPEK KELEMBAGAAN KOPERASI DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) BINAAN KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH . Berikut adalah ulasan mengenai tujuan penelitan sampai dengan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek kelembagaan koperasi Mitra Tani Parahyangan dalam melaksanakan program one village one product (OVOP) binaan Kementerian Koperasi dan UKM.

Signifikansi Penelitian

Penelitian ini merupakan kajian mengenai aspek kelembagaan koperasi dalam melaksanakan program OVOP di bawah binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Ada dua signifikansi yang diharapkan dalam penelitian ini, yaitu:

1. Signifikansi Akademis

Secara akademis penelitian ini akan memberikan literatur baru terkait OVOP yang mencoba dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan fokus utama pada aspek kelembagaan yang sangat dibutuhkan dalam setiap implementasi kebijakan publik.

Selain itu, penelitian ini juga akan memperlihatkan elaborasi teori yang saling mendukung untuk menciptakan pengembangan ekonomi lokal yang mampu mensejahterakan dan meningkatkan daya saing produk lokal yang akan dianalisis melalui konsep, kelembagaan, koperasi, dan OVOP yang dipadupadankan sehingga menjadi satu kesatuan kerangka konsep yang mendukung analisis permasalahan.

2. Signifikansi Praktis

Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi segenap pemangku kepentingan yang berperan dalam pelaksanaan OVOP.

Pendekatan Penelitian
Pendekatan penelitian merupakan cara peneliti melihat dan mempelajari suatu gejala atau realita sosial yang didasari oleh asumsi dasar dari ilmu sosial (Prasetyo dan Jannah, 2005:18). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan positivis karena peneliti menggunakan proses berpikir deduktif yang mengutamakan keberadaan teori-teori atau konsep sebagai pedoman untuk mengajukan pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan sekaligus digunakan sebagai acuan analisis (Neuman, 2003, dalam Prasetya dan Jannah, 2005:65).

Peneliti mencoba untuk menemukan gambaran atas realita sosial, yaitu mengenaipelaksanaan program OVOP yang dilihat dari sisi aspek kelembagaan yang di dalamnya terdapat konsep kelembagaan, konsep koperasi, dan OVOP.

Jenis Penelitian
Jenis penelitian dapat dilihat berdasarkan tujuan penelitian, manfaat penelitian, dimensi waktu penelitian, dan teknik pengumpulan data. Jenis penelitian yang berjudul “Analisis Aspek Kelembagaan Dalam Pelaksanaan Program OVOP Di Koperasi Mitra Tani Parahyangan, Kecamatan Warungkondang, Cianjur” adalah sebagai berikut.

Berdasarkan tujuan penelitian
Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian deskripstif dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena (Prasetya dan Jannah, 2005:42).

Peneliti menggunakan jenis penelitian ini untuk menggambarkan bagaiaman pelaksanaan program OVOP dilihat dari aspek kelembagaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan wujud dari kelembagaan yang terbangun dengan melihat gambaran secara detail peran masing-masing lembaga yang terlibat.

Berdasarkan Manfaat Penelitian
Berdasarkan manfaat penelitian, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian murni karena bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis (Gay, 1997 dalam Sugiyono, 2011:4).

Hasil Penelitian murni memberikan dasar untuk pengetahuan dan pemahaman yang dapat dijadikan sumber metode, teori, dan gagasan yang dapat diaplikasikan pada penelitian selanjutnya (Prasetyo dan Jannah, 2005: 38), Di mana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep kelembagaan, koperasi dan OVOP.

Berdasarkan dimensi Waktu
Berdasarkan dimensi waktu, penelitian ini merupakan jenis penelitian cross sectional karena dilakukan hanya pada saat tertentu dan mengambil satu bagian dari suatu fenomena sosial, biasanya menghabiskan dana yang tidak besar (Neuman, 2006: 37).

Demikian tadi ulasan mengenai tujuan penelitan sampai dengan metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi Administrasi Negara ANALISIS ASPEK KELEMBAGAAN KOPERASI DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) BINAAN KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH ini, semoga dapat membantu teman-teman yang sedang membutuhkan referensi .


Artikel lainnya:

Filed under: Administrasi Negara

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!