Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Proposal Skripsi Akuntansi tentang Motif Pengungkapan Sukarela Laporan Keuangan. Menurut Healy dan Palepu (2001) menyatakan ada enam motif yang mempengaruhi perusahaan dalam melakukan pengungkapan sukarela. Motif tersebut adalah:

  1. Capital Market Transaction Hypothesis, dalam Proposal Skripsi Akuntansi ini pertama yang mempengaruhi perusahaan dalam melakukan pengungkapan sukarela adalah rencana perusahaan untuk menerbitkann sekuritas, public debt, ataupun instrumen modal lainnya. Untuk melaksanakan
    rencana tersebut, sebelumnyabperusahaan harus menciptakan persepsi yangnbaik akan kondisi perusahaan.
  2. Corporate Control Contest Hypothesis, Motif yang kedua adalah adanya persaingan dalam pengelolaan perusahaan Ketika kinerja saham menurun maka CEO turnover akan meningkat. Artinya, ada resiko kehilangan pekerjaan yang dipikul oleh manajemen perusahaan sebagai akibat buruknya performa saham perusahaan. Resiko inilah yang kemudian memotivasi manajemen untuk melakukan pengungkapan sukarela. Pengungkapan sukarela digunakan oleh manajemen sebagai media untuk menjelaskan mengapa harga saham menurun dan mengurangi penilaian yang buruk terhadap kinerja manajemen.
  3. Stock Compensation Hypothesis, Menurut Healy dan Palepu (2001), manajer tidak hanya mendapatkan kompensasi dalam bentuk uang namun juga dalam bentuk    saham. Kompensasi dalam bentuk saham inilah yang mendorong para manajer untuk memberikan  pengungkapan    sukarela. Kecenderungan manajer dalam melakukan pengungkapan sukarela ini dikarenakan manajer tertarik untuk memperdagangkan (jual beli) saham yang mereka miliki.
  4. Litigation Cost Hypothesis, Menurut Healy dan Palepu (2001) pemegang saham memiliki ancaman litigasi yang menyebabkan dua efek yang berbeda pada keputusan pengungkapan oleh manajer. Efek yang pertama    adalah    keputusan pengungkapan yang lebih banyak oleh manajer. Hal ini dikarenakan legal actions yang mungkin ditanggung manajemen terhadap pengungkapan yang tidak memadai atau tidak tepat waktu. Efek yang kedua adalah keputusan pembatasan pengungkapan informasi tertentu oleh manajer. Hal ini timbul ketika perusahaan yakin bahwa perusahaan tidak melakukan kesalahan yang disengaja dan perusahaan yakin bahwa sistem hukum dapat membedakan antara kesalahan yang disengaja atau yang tidak disengaja.

Motif terakhir adalah Management Talent Signalling Hypothesis, Trueman (1986) dalam Healy dan Palepu (2001) menyatakan bahwa manajer yang berbakat memiliki kecenderungan untuk memberikan voluntary earnings forecast. Hal ini dikarenakan nilai pasar suatu perusahaan adalah fungsi dari persepsi investor atas kemampuan manajer perusahaannya dalam mengantisipasi dan merespon perubahan lingkungan ekonomi perusahaan di masa depan. Semakin baik penilaian investor tentang kemampuan manajer untuk mengantisipasi perubahan di masa depan maka akan semakin tinggi pula nilai pasar perusahaan. Demikian tadi uraian alasan / Motif Pengungkapan Sukarela Laporan Keuangan dalam Proposal Skripsi Akuntansi.


Artikel lainnya:

Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!