Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Akuntansi Perlakuan Selisih Kurs Atas Piutang Valuta Asing dan Dampaknya terhadap Laporan Keuangan pada PT Sari Makmur Tunggal Mandiri. Perlakuan Selisih Kurs atas piutang valuta asing pada perusahaan secara umum diatur dalam PSAK No. 10. PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri adalah perusahaan pengolah biji kopi, dengan produk jadi biji kopi pilihan dan bubuk kopi. Hasil produksi perusahaan dipasarkan ke luar negeri seperti Asia, Beberapa Negara di Eropa dan Amerika.

Dalam Skripsi Akuntansi Perlakuan Selisih Kurs Atas Piutang Valuta Asing dan Dampaknya terhadap Laporan Keuangan pada PT Sari Makmur Tunggal Mandiri ini dijelaskan bahwa perusahaan memperoleh pendapatan dari penjualan biji kopi pilihan dan bubuk kopi tersebut. Selisih Kurs Pada PT. Sari Makmur Tunggal mandiri timbul dari selisih antara nilai kurs pada saat transaksi penjualan dan nilai kurs pada saat penerimaan pembayaran piutang.

Namun pada akhir tahun buku perusahaan tidak menyesuaikan nilai kurs piutang valuta asing. Sehingga nilai piutang valuta asing tidak mencerminkan nilai yang sebenarnya pada tanggal neraca. Hal ini dapat mengakibatkan jumlah selisih kurs pada laporan laba rugi bisa terlalu kecil atau terlalu besar yang pada akhirnya akan mempengaruhi jumlah laba yang diakui oleh perusahaan. Sebaiknya perusahaan melakukan penyesuaian nilai kurs piutang valuta asing pada akhir tahun buku dan menambahkannya atau mengurangkanya pada item selisih kurs pada laporan rugi, sehingga nilai selisih kurs pada tanggal neraca adalah nilai yang sebenarnya dan pada akhirnya laba atau rugi actual perusahaan pada periode tersebut dapat diperoleh.

Penelitian Skripsi Akuntansi Perlakuan Selisih Kurs Atas Piutang Valuta Asing dan Dampaknya terhadap Laporan Keuangan pada PT Sari Makmur Tunggal Mandiri ini dilakukan terhadap satu tahun buku laporan keuangan PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri periode 2006. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana data yang dikumpulkan kemudian disusun, diinterpretasikan, dianalisis sehingga memberikan keterangan yang lengkap bagi pemecahan masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

Hasil analisis penelitian Skripsi Akuntansi Perlakuan Selisih Kurs Atas Piutang Valuta Asing dan Dampaknya terhadap Laporan Keuangan pada PT Sari Makmur Tunggal Mandiri ini menunjukkan bahwa secara umum PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri sudah menerapkan PSAK No. 10 dalam transaksi piutang valuta asingnya.


Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!