Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Jual Skripsi Ekonomi Pembangunan berjudul NALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR .Berikut adalah perumusan masalah, tujuan penelitian, jenis penelitian, dan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, sangat penting untuk disimak sebagai referensi skripsi.

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka penelitian ini dibatasi pada hubungan antara indikator-indikator kesejahteraan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir Kecamatan Medan Labuhan, dalam hal ini kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, serta kondisi dan fasilitas perumahan.
Dengan memperhatikan batasan masalah maka dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Kecamatan Medan Labuhan ?

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah :

  1. Menganalisis tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Kecamatan Medan Labuhan.
  2. Menganalisis tingkat pendapatan, pengeluaran dan kondisi daerah serta fasilitas tempat tinggal masyarakat pesisir di Kecamatan Medan Labuhan.

Jenis Penelitian
Penelitian tentang analisis tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Kecamatan Medan Labuhan ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian Deskriptif merupakan dasar bagi semua penelitian. Penelitian Deskriptif dapat dilakukan secara kuantitatif agar dapat dilakukan analisis statistik (Sulistyo-Basuki, 2006: 110).

Tempat dan waktu penelitian
Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan di wilayah pesisir Kecamatan Medan Labuhan. Jadi penelitian ini dilakukan untuk meneliti tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Kecamatan Medan Labuhan.

Batasan Operasional
Penelitian ini dibatasi dengan menganalisis bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir yang berdomisili di Kecamatan Medan Labuhan. Menurut Badan Pusat Statistkik (2005), indikator yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan ada delapan yaitu pendapatan, konsumsi atau pengeluaran keluarga, keadaan tempat tinggal, fasilitas tempat tinggal, kesehatan anggota keluarga, kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan, kemudahan memasukkan anak ke jenjang pendidikan, kemudahan mendapatkan fasilitas transportasi.

Populasi dan Sampel Penelitian

1. Populasi
Sulistyo-Basuki (2006 :182) mengemukakan populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah data seluruh penduduk yang berdomisili di wilayah pesisir Kec. Medan Labuhan.

2. Sampel
Sampel adalah bagian dari sebuah populasi yang dianggap dapat mewakili dari populasi tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan subyektif peneliti yang berkaitan dengan tujuan penelitian (Soepeno, 1997).

Metode Pengumpulan Data

Dalam setiap kegiatan penelitian selalu ada kegiatan pengumpulan data. Metode pengumpulan data primer dalam penelitian ini menurut Sulistyo-Basuki (2006: 147) meliputi:

1. Observasi nonpartisipan ( Pengamatan tidak terkendali)
Pada metode ini peneliti hanya mengamati, mencatat apa yang terjadi, dan juga melakukan aktifitas dokumentasi dengan cara memanfaatkan dokumen (bahan dan foto-foto penting), seperti gambaran kehidupan, lingkungan, kondisi perumahan, sarana dan prasarana, dll. Metode ini banyak digunakan untuk mengamati pola kehidupan dan perilaku masyarakat pesisir secara langsung.

2. Kuesioner
Kuesioner adalah pertanyaan terstruktur yang diisi sendiri oleh responden atau diisi oleh pewawancara yang membacakan pertanyaan dan kemudian mencatat jawaban yang berikan (Sulistyo-Basuki, 2006: 110).

Pertanyaan yang akan diberikan pada kuesioner ini adalah pertanyaan menyangkut fakta dan pendapat responden, sedangkan kuesioner yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner tertutup dimana responden diminta menjawab pertanyaan dan menjawab dengan memilih dari sejumlah alternatif. Keuntungan bentuk tertutup ialah mudah diselesaikan, mudah dianalisis, dan mampu memberikan jangkauan jawaban.

3. Wawancara terstruktur
Wawancara terstruktur adalah wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya. Pertanyaan yang sama diajukan kepada semua responden, dalam kalimat dan urutan yang seragam (Sulistyo-Basuki, 2006: 110).

Wawancara yang dilakukan meliputi identifikasi sebab-sebab yang mempengaruhi rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Kecamatan Medan Labuhan. Keuntungan metode ini adalah mampu memperoleh jawaban yang berkualitas.

Itulah tadi adalah perumusan masalah, tujuan penelitian, jenis penelitian, dan metode penelitian yang digunakan dalam Jual Skripsi Ekonomi Pembangunan berjudul ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR ini, semoga dapat membantu para mahasiswa dalam menyusun skripsi.


Artikel lainnya:

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!