Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Jual Skripsi Ekonomi Pembangunan berjudul ANALISIS PROSPEK EKSPOR INDUSTRI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA . Berikut adalah Uraian lengkap dari perumusan masalah sampai ke metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini. Silahkan disimak berikut ini.

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas , maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana perkembangan industri kreatif di Indonesia serta prospek ekspor industri kreatif dalam meningkatkan perekonomian Indonesia?

Tujuan penelitian
Adapun yang menjadi dari tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan industri kreatif di Indonesia serta prospek ekspor industri kreatif tersebut dalam meningkatakan perekonomian Indonesia.

Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini adalah menganalisis bagaimana perkembangan serta prospek ekspor industri kreatif dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

3.2 Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk data time series yang bersifat kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka- angka selama kurun waktu 9 tahun. Sedangkan sumber data diperoleh dari situs resmi portal industri kreatif Indonesia (www.indonesiakreatif.net) serta bahan-bahan kepustakaan berupa bacaan yang berhubungan dengan penelitian, website,artikel dan jurnal-jurnal.

Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini Penulis menggunakan metode kepustakaan (library research),yang diperoleh dari publikasi resmi yang berhubungan dengan penelitiaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pencatatan data yang diperoleh dari publikasi berbagai sumber yang telah disebutkan di atas yang berhubungan dengan permasalahan yang ada di dalam penulisan penelitian ini.

Pengolahan Data
Dalam mengerjakan skripsi ini, penulis menggunakan program Microsoft Office Word 2007 dan Microsoft Excel 2007 sebagai program pembantu didalam perhitungan data.

Metode Analisis Data
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif berdasarkan data sekunder yang diperoleh berkaitan dengan permasalahan yang terkait di dalamnya. Selain itu, untuk menganalisis prospek ekspor industri kreatif dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, penulis menganalisis dari sisi permintaan dan penawaran.

Prospek Ekspor Industri Kreatif Dari Sisi Permintaan
Dari sisi permintaan, penulis menggunakan data Negara-negara yang menjadi tujuan ekspor Industri Kreatif Indonesia. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar jumlah permintaan beberapa Negara di dunia yang mengkonsumi produk dari industri kreatif Indonesia.

Prospek Ekspor Industri Kreatif Dari sisi Penawaran
Dari sisi penawaran, penulis menunjukkan bagaimana upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dan para pelaku usaha dalam meningkatkan ekspor produk- produk industri kreatif agar dapat dikenal dan diminati oleh negara-negara lain. Hal ini merupakan bentuk perwujudan dari penerapan stategi promosi ekspor (Export Promotion).

Dalam hal ini penulis menyajikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam usaha meningkatkan penawaran produk-produk industri kreatif. Selain itu estimasi yang dilakukan untuk melihat prospek ekspor industri kreatif adalah dengan menggunakan metode ramalan kuantitatif yang berkaitan dengan data time series. Adapun metode tersebut menggunakan metode kecendrungan (trend parabola) dengan kecendrungan bukan garis lurus (non linear trend) .

Demikian tadi adalah uraian lengkap dari perumusan masalah sampai ke metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi Ekonomi Pembangunan berjudul ANALISIS PROSPEK EKSPOR INDUSTRI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA ini. Semoga bermanfaat.


Artikel lainnya:

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!