Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Jual Skripsi Ekonomi ANALISIS PERANAN PEMBERIAN KREDIT TERHADAP USAHA PETANI KELAPA SAWIT . Berikut ini beberapa hal penting seperti perumusan masalah, tujuan penelitian, definisi operasional dan lainnya yang menyangkut skripsi ini, silahkan disimak dibawah ini.

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas penulis mengambil suatu permasalahan yaitu :

  1. Bagaimana peranan modal sendiri terhadap peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
  2. Bagaimana peranan modal kredit pertanian yang diterima terhadappeningkatan pendapatan untuk kesejahteraan petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
  3. Bagaimana peranan luas lahan kelapa sawit terhadap pendapatan untuk kesejahteraan petani kelapa sawit.

Tujuan Penelitian
Sesuai dengan pokok permasalahan yang telah diuraikan di atas maka tujuan dari penelitian itu adalah :
1. Untuk menganalisis pengaruh modal sendiri terhadap pendapatan petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
2. Untuk mengalisis pengaruh modal kredit pertanian terhadap peningkatan pendapatan atau kesejahteraan petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
3. Untuk mengalisis pengaruh luas lahan terhadap peningkatan pendapatan atau kesejahteraan petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Definisi Operasional Variabel
Dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan hasil produksi, modal sendiri, dan modal kredit yang mempengaruhi pendapatan petani kelapa sawit terhadap kesejahteraannya sebagai Berikut disajikan definisi variabel hasil produksi, modal sendiri, modal kredit, dan tingkat pendapatan atau tingkat kesejahteraan :

  1. Pendapatan petani kelapa sawit (Y) adalah jumlah uang yang diterima oleh petani perbulan dari aktivitasnya bertani kelapa sawit dalam rupiah.
  2. Modal sendiri (X1) adalah biaya pribadi yang digunakan petani kelapa sawit dalam pembiayaan pengembangan pertaniannya dalam rupiah
  3. Modal kredit (X2) adalah pinjaman dalam bentuk kredit pertanian yang diberikan kepada petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam jangka waktu tertentu dalam rupiah.
  4. Luas lahan (X3) adalah luas tanah yang dipakai oleh petani kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara

Pemilihan Responden
Menurut Arikunto (992;102) populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petani kelapa sawit yang menerima kredit pertanian berdasarkan luas lahan pertaniannya di Labuhanbatu Utara.

Sampel adalah bagian dari populasi yang digunakan untuk mewakili penelitian. Besarnya ukuran sampel didasarkan pada analisis yang akan digunakan untuk menguji hipotesis.

Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang bertemu secara kebetulan dengan peneliti dapat digunakan sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data (Sugiono, 1997 ; 62)

Demikian tadi beberapa hal penting seperti perumusan masalah, tujuan penelitian, definisi operasional dan lainnya yang menyangkut Jual Skripsi Ekonomi berjudul ANALISIS PERANAN PEMBERIAN KREDIT TERHADAP USAHA PETANI KELAPA SAWIT ini, semoga bermanfaat.

Filed under: Ekonomi / Studi Pembangunan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!