Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Contoh Skripsi Akuntansi tentang PENGARUH FAKTOR DEBT TO EQUITY RATIO, DIVIDEND PAYOUT RATIO, PROFITABILITAS, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA. Variabel yang akan diuji adalah Equity Ratio, Dividend Payout Ratio, Profitabilitas, Size Perusahaan. Berikut uraiannya setiap variabel :

Debt to equity ratio dalam dapat Contoh Skripsi Akuntansi diinteraksikan sebagai bagian dari setiap rupiah modal sendiri (ekuitas) yang dijadikan jaminan untuk keseluruhan hutang. Kreditur akan lebih kritis terhadap perusahaan apabila perusahaan tersebut memiliki debt to equity ratio tinggi karena ini menunjukkan bahwa jaminan hutang menjadi kecil. Debt to equity ratio dapat mempengaruhi tindakan perataan laba (income smoothing) karena biasanya pengambilan keputusan yang dilakukan kreditur berdasarkan pada prospek perusahaan yang dipresentasikan oleh tingkat laba yang diperoleh perusahaan. Seorang kreditur akan memberikan kredit kepada perusahaan-perusahaan yang menghasilkan laba yang stabil, karena laba yang stabil akan memberikan suatu keyakinan bahwa perusahaan akan membayar hutangnya dengan lancar dan kreditur mampu memprediksi arus kas perusahaan di masa yang akan datang.

Dividend payout ratio menunjukkan rasio antara dividend yang dibagikan dan laba bersih yang dilaporkan. Dividend payout ratio dapat mempengaruhi perataan laba sesuai dengan temuan Annisya (2004). Perusahaan yang menerapkan kebijakan dividend dengan tingkat dividend payout atio yang tinggi memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan yang menerapkan kebijakan tingkat dividend payout ratio yang  lebih rendah jika terjadi fluktuasi di dalam laba. Kebijakan dividend yang diproksikan dalam DPR sangat mempengaruhi perilaku perataan laba, karena kebijakan dividend akan mempunyai implikasi yang signifikan pada pengambilan keputusan investor maupun investor potensial dalam pembelian saham perusahaan.

Profitabilitas mencerminkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan dan merupakan salah satu aspek yang penting bagi pihak eksternal dalam menilai kinerja suatu perusahaan. Profitabilitas ini diduga mempengaruhi tindakan perataan laba bagi suatu perusahaan.

Size perusahaan    merupakan salah    satu faktor yang dapat mempengaruhi tindakan perataan laba.Variabel size perusahaan menggunakan indikator total aktiva suatu perusahaan. Pemilihan variabel size  perusahaan didasarkan pada hasil penelitian Kasidin (2005) menemukan bukti bahwa perusahaan yang lebih besar memiliki dorongan yang lebih besar untuk melakukan perataan laba dibandingkan perusahaan yang lebih kecil, karena perusahaan yang lebih besar menjadi subjek pemeriksaan (penelitian) yang lebih ketat dari pemerintah dan masyarakat umum (general public) dan menanggung biaya politis yang relatif lebih besar dari perusahaan kecil. Demikian tadi uraian beberapa variabel yang digunakan dalam Contoh Skripsi Akuntansi berjudul PENGARUH FAKTOR DEBT TO EQUITY RATIO, DIVIDEND PAYOUT RATIO, PROFITABILITAS, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA.

Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!