Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Contoh Judul Skripsi Akuntansi tentang ANALISIS PENGARUH KUALITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Variabel dependent yang digunakan dalam Skripsi ini adalah Independensi anggota komite, keahlian anggota komite, jumlah pertemuan/rapat komite audit, jumlah anggota komite, auditor eksternal, Sedangkan Variabel dependent yang digunakan adalah kualitas pelaporan keuangan. Berikut uraian dari masing-masing variabel.

Pertama Kualitas pelaporan keuangan, dalam Contoh Judul Skripsi Akuntansi  ini akan diukur kualitas pelaporan keuangan dari faktor persistensi, prediktabilitas, dan konservatisme di mana di dalam penelitian sebelumnya digunakan tujuh aspek untuk penilaian yang terdiri dari kualitas akrual, persistensi, prediktabilitas, peratalabaan, relevansi nilai, ketepatwaktuan, dan konservatisme (Fanani et al., 2010).

Kedua Independensi komite, dalam melaksanakan tugasnya, anggota komite audit yang berada di bawah dewan komisaris harus independen dan tidak berusaha mewakili kepentingan salah satu pihak dalam perusahaan. Komposisi komite audit yang ada mungkin bervariasi dari segi latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja di bidang akuntansi dan keuangan.

Ketiga keahlian komite, untuk bisa menilai pemilihan kebijakan akuntansi yang digunakan oleh manajemen merupakan sebuah keharusan bagi anggota komite audit memiliki kemampuan analisis yang baik di bidang terkait dengan pelaporan keuangan untuk bisa menghasilkan laporan keuangan yang benar-benar akuntabel dan transparan (Rezaee, 2004).

Keempat Frekuensi rapat komite, frekuensi rapat dari komite audit harus dicantumkan dalam laporan tahunan sesuai dengan Peraturan Bapepam LK sehingga kewajiban komite audit untuk melakukan pertemuan dalam setahun merupakan hal yang tidak bisa diganggu gugat.

Kelima jumlah anggota komite, banyaknya anggota komite audit dalam sebuah perusahaan ada baiknya disesuaikan dengan ukuran dan kompleksitas dari perusahaan itu sendiri di mana dalam banyak peraturan di Indonesia seperti Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006 serta Peraturan Bapepam-LK No.IX.1.5, aturan minimum anggota komite audit perusahaan adalah sebanyak tiga orang tetapi dari specific best practice suggestion yang disebutkan oleh Rezaee (2004) anggota komite audit setidaknya berjumlah lima orang.

Keenam Auditor Eksternal, Auditor eksternal merupakan peran yang penting dalam menentukan kualitas laporan keuangan perusahaan ditinjau dari opini yang dikeluarkan.Tujuan utama dari auditor eksternal sendiri adalah memperbaiki kualitas pelaporan keuangan perusahaan (Boone et al., 2010). Demikian tadi uraian dalam Contoh Judul Skripsi Akuntansi ini.

Filed under: Akuntansi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!