Contoh Skripsi

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Contoh Artikel Skripsi Teknik Elektro tentang Dasar-dasar Arsitektur Prosesor. Pada awalnya prosesor hanya dirancang dengan memiliki satu inti, seiring dengan kebutuhan komputasi yang makin meningkat maka dirancanglah prosesor berinti ganda dan bahkan sekarang sudah ada posesor yang memiliki 4 inti pada satu kepingnya.

Sebelum kemunculan prosesor berinti lebih dari satu, untuk menangani kebutuhan komputasi yang tinggi seperti pada server dalam Contoh Artikel Skripsi Teknik Elektro ini diterangkan dengan menggunakan teknologi motherboard yang mempunyai lebih dari satu slot prosesor dan juga untuk research center biasanya digunakan teknologi paralel computing yang juga biasa diterapkan pada super komuter yang ada didunia.

Inti prosesor sendiri sebenarnya adalah transistor-transistor yang jumlahnya sangat banyak, bahkan prosesor terbaru saat ini memiliki ratusan juta transistor didalamnya, hal ini sesuai dengan hukum Moore yang menyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali, hal ini dimungkinkan karena ukuran transistor yang digunakan didalam prosesor semakin lama semakin kecil, sampai saat ini proses produksi transistor telah mencapai skala 45nm.

Selain transistor komponen utama lainnya yang terdapat didalam inti prosesor adalah L1 Cache dan L2 Cache yang berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum diproses oleh prosesor. Kapasitas L1 Cache jauh lebih kecil dibanding L2 Cache, biasanya besaran L1 Cache hanya berkisar di 128KB sedangkan L2 Cache sudah ada yang mencapai 2MB, akan tetapi dalam hal kecepatan L1 Cache jauh lebih cepat dibanding L2 Cache. Arsitektur prosesor yang dijabarkan dalam Contoh Artikel Skripsi Teknik Elektro ini adalah arsitektur dari prosesor AMD Athlon X2 yang mewakili prosesor desktop dan Intel Atom N270 yang mewakili prosessor laptop.

Filed under: Teknik Elektro

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!